Wednesday, 12 September 2012

Kurangnya Pemanfaatan Jerami oleh Petani

       Negara Indonesia adalah Negara agraris. Banyak lahan yang dimanfaatkan sebagai lahan Pertanian. Banyak padi yang dihasilkan yang menjadi makanan pokok sehari-hari masyarakat Indonesia dan banyak pula jerami yang dihasilkan yang akan menjadi sampah di ladang setelah panen selesai . Kurangnya pengetahuan yang di miliki petani di Indonesia menjadikan jerami sampah yang akan dibakar untuk membersihkanya. Sebenarnya jerami dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia karena jerami memiliki manfaat yang sangat banyak. 
       Jerami dapat dijadikan pupuk kompos. Jerami juga dapat dijadikan tempat tumbuhnya jamur. Yang nantinya jamur itu dapat dikonsumsi oleh masyarakat sekitar dan juga dapat di jual. Jerami dapat dimanfaatkan menjadi karya seni yang nantinya juga dapat mendatangkan penghasilan bagi masyarakat sekitar. Para petani menyimpan padi dalam waktu yang lama. Padi-padi tersebut dibuatkan tempat untuk menyimpanya. Dalam waktu bertahun-tahun pun padi yang di dalam lumbung masih bagus dan masih dapat dikonsumsi. Kenapa para petani tidak membuat lumbung untuk menyimpan jerami. Sehingga jerami dapat dimanfaatkan dalam waktu yang lama karena jerami yang dihasilkan sangat melimpah.(Muji Rahayu, pemenang gagasan terbaik di pekan ngangsu kaweruh). 
       Ini merupakan salahsatu hasil dari peserta pelatihan jurnalistik dan fotografi, dalam "pekan ngangsu kaweruh". Semakin banyak yang akan mencintai membaca, juga menulis, satu gerakan untuk INDONESIA MEMBACA dari CML (Cah Magetan Library), Salam Visit Magetan.... ^_^

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014 CM Travel