Wednesday, 11 January 2012

Peternakan Sapi Pedaging dan Betina

Sapi Kereman, di kandang.
Kunjungi Magetan, Di kebupaten Magetan memang terkenal dengan potensi perkebunan, pertanian dan juga peternakannya. Karena kabupaten ini sangat potensial dalam hal pangan, seperti tujuan utamanya yaitu ingin menjadi salah satu Kabupaten sebagai pemasok pangan di jawa timur terutama di Indonesia. Salah satunya adalah daging sapi, yups, Sapi. Di magetan memiliki Usaha penggemukan sapi potong atau lebih dikenal dengan sapi kereman. Juga ada budidaya sapi betina, sebagai induk dan untuk pemasok sapi potong itu kelaknya.
        Usaha penggemukan sapi potong (Sapi Kereman) di Kabupaten Magetan dikembangkan dengan fasilitas kredit dari APBD (penyertaan modal) kepada petani dengan sistem kemitraan. Sampai sekarang ini jumlah populasi sapi potong mencapai 59.273 ekor dan setiap tahun mengirim ke berbagai kota besar hingga mencapai 18.000 ekor. Sentra sapi kereman terdapat di Kecamatan Panekan, Sidorejo, Plaosan, dan Poncol. Anda dapat berkunjung dan menengok lebih dekat tentang perawatan dan bagaimana membuat sapi kurus menjadi gemuk (tentu tidak perutnya saja yang gemuk).
        Selain itu juga ada budidaya sapi betina dengan sistem inseminasi buatan. Sampai sekarang telah dikembangkan yang populasinya mencapai 21.338 ekor dengan tingkat kelahiran rata-rata 19.229 ekor. Dengan ini, Magetan akan berkembang menjadi salah satu penghasil daging terbesar di Kawasan Jawa Timur pada khususnya. Kalau anda ingin mengetahui proses kelahiran sapi, anda juga datang ke sentra budidaya induk ini. Tempatnya juga sama dengan sentra sapi kereman. Jadi anda bisa berbisnis daging, sekaligus mendapat wisata yang mendidik untuk keluarga. Yaitu wisata memelihara dan melihat kelahiran sapi, inilah salah satu daya tarik Magetan. Semoga bermanfaat, salam 
Visit to Magetan, Kunjungi Magetan, CM Travel… ^_^

1 comment:

  1. minta alamat lengkap peternakannya bisa mas?? mau study Banding..
    taktenx@gmail.com

    ReplyDelete

Copyright © 2014 CM Travel