Wednesday, 11 January 2012

Kerajinan Genteng, dari Tanah Liat

Pengerajin Genteng kota Magetan.
Kunjungi Magetan, Genteng dewasa ini memang makin dicari saja, tak lain karena semakin banyaknya genting yang sudah makin modern. Diantaranya adalah genteng dari baja ringan, genteng dari esbes, dan lain sebagainya. Tetapi justru perkembangan ini membuat geteng tradisional (dari tanah liat) semakin dicari. Itu tidak lain karen labelnya sebagai genteng tradisional yang masih ALAMI. Hal ini menjadi sebuah nilai plus, selain juga dibutuhkan oleh masyarakat golongan menengah kebawah. Magetan merupakan daerah yang memiliki potensi kerajinan genteng yang tinggi.
        Tingginya potensi Kerajinan Genteng ini terbunkti dengan jumlah usaha genting yang mencapai 1.413 unit. Kesemuanya mari berupa usaha rumah tangga yang tentunya masih menggunakan alat-alat tradisional dan tenaga seadanya. Tetapi jangan dipandang sebelah mata dahulu, karena 2 diantaranya telah mendapat sertifikat SNI (Standart Nasional Indonesia). Jumlah produksi genteng di Kabupaten Magetan sekarang mampu menghasilkan 131.246.880 buah pertahun.
        Jika anda ingin mengunjungi sentra kerajinan genteng ini sangat banyak di kecamatan Bendo. Memang pada umumnya kerajinan genteng ini tersebar pula di daerah Kecamatan Sukomoro, Kecamatan Jati, juga Kecamatan Maospati. Tetapi yang paling banyak dan mudah ditemui adalah di daerah Kecamatan Bendo. Produksi lebih sering dilakukan pada musim kemarau, karena proses pengeringan masih menggunakan bantuan sinar matahari. Jika anda ingin mencoba membuat genting, silahkan berkunjung ke Magetan pada musim-musim kemarau. Maka dengan mudah anda akan menemukan pengrajin genteng. Selamat berkunjung ke Magetan, salam
Visit to Magetan, Kunjungi Magetan, CM Travel… ^_^

1 comment:

  1. Yang bener aja ! Bendo daerah mana emang di Ds Dukuh ? cuma berapa rumah yang bikin ga ada satu desa ! coba lihat di desa Gulun atau tanjung sepreh kecamatan maospati yang sudah terkenal dengan genteng Winong dan sudah sampai keluar daerah, hampir semua rumah bikin kerajina genteng dan mungkin sudah lebih dari 2 generasi !

    ReplyDelete

Copyright © 2014 CM Travel