Friday, 23 December 2011

Methil, Wujud Syukur sebelum Panen

Tumpeng Untuk acara Methil.
Kunjungi Magetan, Jika berbicara budaya di Magetan memang tiada habisnya, kali ini kita akan membahas sedikit tentang sebuah budaya para petani sebelum memanen hasil pertaniannya. Ada sebuah istilah disebut “Methil”, yang merupakan wujud rasa bersyukut kepadasang pencipta sebelum melakukan panen. Dimana yang akan memanen melakukan selamatan serta doa yang dihadiri oleh tetangga dan yg akan ikut memanen. Sementara untuk makanan yg disedekahkan dan dibuat syarat persudut sawah berisikan tumpeng, panggang, dibungkus dengan daun pisang. Serta makanan-makanan pelengkap lainnya, seperti bhotok, pelas, urap, yang rasanya alami sekali tentu tak ada label instannya.
        Acara ini dilakukan oleh sebagian besar masyarakat di kota Magetan yang berprofesi sebagai petani. Jadi jika anda ingin mengetahui prosesinya, silahkan datang pada waktu musim panen, kami pastikan hampir setiap hari anda akan menjumpainya (tentu harus tahu siapa yg mau panen hari itu). Adapun hikmah dari budaya ini adalah bagaimana kerukunan dan saling berbagi antar tetangga masih terjaga terus. Silaturohim, serta sedekah agar dimudahkan dan mendapatkan hasil yang maksimal untuk panen kali ini.
        Inilah salah satu budaya yang harus tetap dijaga dan dikembangkan dimasyarakat. Jangan sampai kaum muda lupa, tetapi bisa mengemasnya menjadi lebih indah dan bermakna lagi. Demikian singkat tentang acara “Methil” ini, semoga bermanfaat dan membuat anda semakin ingin berkunjung ke Magetan. Salam 
Visit to Magetan, Kunjungi Magetan, CM Travel. ^_^

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014 CM Travel