Wednesday, 7 December 2011

Manis dan Legitnya Enting-enting Magetan

Enting-enting
Kunjungi Magetan, Jumpa lagi dengan wisata kuliner dalam rangkaian Visit Magetan kawan. Kali ini kita akan mengajak para visitor untuk menikimati enting-enting, sebuah makanan khas dari daerah pinggiran magetan. Tepatnya di Kec. Takeran yang berbatasan langsung dengan kota madiun. Enting-enting adalah sejenis camilan ringan yang bernilai protein serta glukosa tinggi yang cocok dibawa dan dihidangkan dalam acara apapun. Enting-enting ini berasal dari kacang tanah yang dimasak bersama gula merah lalu diberi bumbu, baik itu berupa jahe, dan bumbu atau penyedap lainnya.
        Bentuknya bulat pipih, mirip tutup gelas, tetapi kadang juga berbentuk kotak tipis, tergantung bentuk yang diinginkan. Rasanya tentu manis, gurih, dan bikin kangen untuk merasakannya lagi. Enting-enting ini menjadi home industri di kecamatan takeran, terutama di kelurahan takeran sendiri. Karena sebagian besar penduduknya adalah pengusaha enting-enting. Enting-enting ini sebenarnya memiliki prospek untuk di eksport, akan tetapi karena kemampuan marketing masih sangat minim jadi masih sangat jarang untuk melakukan transaksi luar negeri.
        Untuk harga tiap bungkusnya fariatif, ada yang dihargai 2.000,- atau 3.000,- perbungkusnya. Tergantung ukurannya dan juga rasanya tentunya. Selain bisa langsung menemuinya di Takeran anda juga menemuinya di pusat oleh-oleh khas magetan di jl.sawo Kota magetan dekat alun-alun. Di tempat usahanya sendiri anda bisa menyaksikan pembuatan langsung enting-enting, lalu bagaimana pengemasan dan sampai pasar mana saja yang jadi market para pengusaha disana.
        Untuk lebih jelasnya, silahkan langsung saja berkunjung ke TKP (tempat kerja pengusaha), agar lebih mengena dan bisa bertanya-tanya lebih lanjut. Bisa jadi ini juga menjadi bisnis alternatif anda dirumah atau dilingkungan sekitar yang masih sedikit pesaing. Demikian, semoga bermanfaat salam
Visit to Magetan, Kunjungi Magetan, CM Travel…. ^_^

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014 CM Travel