Friday, 2 January 2015

Sejuknya Air Terjun di Desa Ngancar, Magetan

Air terjun Pundak Kiwo, Ngancar, Magetan.
Kunjungi Magetan, Magetan yang merupakan kawasan di kaki Gunung Lawu, memang memiliki sejuta pesona dari obyek Wisata Alam. Salah satunya adalah air terjun yang ada di desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Akan tetapi masih jarang sekali yang mengenal air terjun ini, karena masih kalah tenar dibandingkan air terjun Grojogan Sewu di Karanganyar, Jawa Tengah. Padahal, menurut beberapa orang luar kota (bukan asli Magetan & Karanganyar), yang pernah berkunjung ke kedua tempat, memaparkan kepada tim kunjungimagetan.com masih indah dan asri air terjun di Ngancar ini, bahkan jika dibandingkan dengan air terjun di Pacet Mojokerto.
       Di Magetan, sebenarnya banyak sekali air terjun, yang tersebar di beberapa kecamatan di kaki Gunung Lawu. Ini karena Magetan merupakan daerah tangkapan air hujan, yang masih memiliki banyak hutan alam yang mampu meningkatkan peresapan air hujan ke dalam tanah. Sehingga Magetan berlimpahan sumber mata air, yang didukung oleh topografi cukup curam di beberapa tempat, sehingga tidak heran, Magetan adalah salah satu kawasan kaya air terjun.
       Begitu halnya dengan air terjun yang ada di Desa Ngancar, air terjun ini berasal dari satu aliran sungai kecil dan satu anak sungainya dengan sumber air dari mata air di kaki Gunung Lawu. Di desa ini terdapat 3 buah air terjun yang sangat indah, airnya cernih, segar, dan alami. Ketiga air terjun tersebut berada pada satu jalur/aliran sungai.
        Untuk mencapai ketiga air terjun ini, para pengunjung dapat berjalan kaki, melalui jalan setapak dari batu. Dimulai dari gerbang masuk di dekat kantor desa Ngancar, kecamatan Plaosan, atau di pos loket masuk obyek wisata. Sedangkan rute kembalinya, bisa melalui jalan berangkat, atau lewat jalan setapak di jalur berbeda dengan saat berangkat. Pada jalur kembali yang berbeda, pengunjung akan disuguhi pemandangan luar biasa indah, yaitu berupa pohon-pohon pinus yang menjulang kokoh, bagai benteng alam. Juga terdapat obyek wisata sejarah, berupa prasasti/batu tulis bernama "Watu Ongko" (Batu Angka), peninggalan jaman Majapahit, yang dipercaya sebagai petilasan Eyang Ongko Wijoyo. Sampai sekarang masih dirawat oleh masyarakat setempat, terkadang juga masih dijadikan tempat ritual bagi kepercayaan masyarakat tertentu.
        Adapun ketiga air terjun di desa ngancar tersebut, sebagai berikut:


1. Air Terjun Watu Ondo
Air Terjun Watu Ondo, Ngancar, Magetan
       Air terjun Watu Ondo terletak bagian terbawah dari rangkaian air terjun di desa Ngancar ini. Jaraknya dari pintu masuk wisata kurang lebih 600 meter, dan memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Air yang terjun melewati deretan batu bersap yang tertata rapi, mirip seperti tangga, sehingga mendapat sebutan "Watu Ondo", atau bisa diartikan sebagai batu tangga dalam bahasa Indonesia.
       Biasanya, di dekat air terjun Watu Ondo ini sering dijadikan tempat kemah atau pendidikan untuk pecinta alam. Karena memang suasananya masih hijau, sejuk, dan jauh dari keramaian. Belum lagi waktu malam, suara gemricik air, membuat pemandangan dari tempat ini makin berkesan, dengan kelap-kelip lampu di daerah Magetan yang terlihat jelas dari tempat ini.






2. Air Terjun Jarakan
       Air terjun Jarakan terletak di atas air terjun Watu Ondo, kurang lebih 80 meter diatasnya. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 35 meter, yang mengalirkan air jernih, segar, dan bisa menjadi pemijat bahu atau kulit kepala (refleksi). Di dasar air terjun ini ada kolam air kecil, yang bisa digunakan untuk mandi atau sekedar membasuh muka. Lebih istimewa lagi, ditempat ini, jika beruntung, anda akan mendapati pelangi. Apabila terkena sinar matahari, maka akan nampak pelangi di bagian bawah air terjun, sangat indah untuk diabadikan dalam foto.
       
3. Air Terjun Pundak Kiwo
       Air terjun Pundak Kiwo adalah air terjun tertinggi di desa Ngancar ini, berada di bagian paling atas rangkaian air terjun, dengan ketinggian kurang lebih 45 meter. Jika diperhatikan secara seksama, letak air terjun ini berada di sisi kiri lereng guung, sehingga disebut "Pundak Kiwo" atau pundak kiri dalam bahasa Indonesia. Terdapat kolam air cukup besar di dasar air terjun, sehingga menyenangkan untuk menikmatinya dan berlama-lama di sini.
        

        Kami sangat menyarankan anda untuk berkunjung ke wisata alam air terjun di desa Ngancar ini. Sangat indah, alami, sejuk, dan  menyegarkan pikiran kita yang penat dengan aktifitas setiap hari. Jika anda berasal dari luar kota Magetan, ingin berkunjung/berwisata ke Magetan, dengan keluarga, orang yang dicintai, atau teman-teman traveler anda, anda bisa menghubungi kami. Kami siap mengantarkan anda, menjadi guide, mencarikan tempat penginapan, komplit transportasi, tempat makan dan destinasi istimewa lain. Hubungi kami di FB : Kunjungi Magetan | HP : 085235455717 (Tyas Haryadi). Kunjungi Magetan, Visit to Magetan, Kunjungi Magetan, CM Travel... ^_^

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014 CM Travel