Monday, 31 October 2011

CML (Cah Magetan Library).

       CML (cah magetan library), adalah bagian dari CM grup (Cah Magetan). Usaha yang sudah bergerak dengan CM grup salah satunya adalah CMS (Cah Magetan Studio). CML adalah sebuah perpus rintisan dari 0 (nol) yang ada di magetan, salah satu rintisan dari PALEM (perkumpulan alumni lembusuro, SMAN 1 Kawedanan) dan saya sendiri (Tyas Haryadi). Tujuan utama perpus ini adalah sebaik-baiknya untuk dimaksimalkan oleh masyarakat, sesuai dengan mottonya yaitu “dari, oleh, untuk masyarakat”. Perpus ini belum dibuka secara resmi, karena belum memiliki SK (surat keputusan). Tetapi dalam aplikasinya, kami bertujuan untuk memaksimalkan CML ini menjadi lembaga yang benar-benar mandiri. Mandiri secara finansial, mandiri secara manajemen, mandiri secara sumberdaya, dan inilah sebuah karya untuk negeri ini.
        Perpus ini berada di jl.yossudarso no 24 ds. kuwonharjo, kec. takeran, kab. magetan. Tempat ini adalah rumah orangtua saya, yang sementara menjadi tempat perpus ini. Dengan dana dan fasilitas seadanya tempat ini belum mirip perpustakaan melainkan lebih mirip tempat berkumpulnya beberapa buku saja. Akan tetapi perlahan demi perlahan dan meyakinkan CML mulai menggeliat, yaitu dengan menggandeng anak-anak SMA 1 Kawedanan sebagai kepengurusan. Dan pada tahun depan akan dibuka klub belajar yang diberi nama “ngangsu kaweruh”. Klub “ngangsu kaweruh” ini berguna untuk meramaikan perpus ini, sekaligus membuat acara-acara agar lebih kreatif dan lebih maksimal ilmu yang ada di perpus ini. Selain itu klub “ngangsu kaweruh” ini bakal punya program khusus, yaitu pelatihan bahasa jawa tiap satu minggu sekali. Dan selain itu kami akan memaksimalkan cerita kisah para tokoh muslim, tiap seminggu sekali pula.
        Perpus ini sebenarnya sebuah embrio untuk membentuk kampung jawa, dan kampung santri. Dimana adanya dua program tersebut (belajar bahasa jawa dan cerita tokoh muslim), menjadi jalan perintisan untuk mencapai dua kampung yang akan terealisasi di kampung ini. Selain itu, perpus ini juga menerima bantuan atau kesempatan untuk bersedekah bagi masyarakat yang ada di area plat AE pada khususnya dan Indonesia pada Umumnya. Sampai saat ini, sudah ada beberapa sahabat yang sudah bersedekah, mulai dari dana dan buku. Dimana buku sekarang sudah mencapai kurang lebih 150an buku, dan akan terus bertambah dari satu waktu ke waktu selanjutnya. Ada pula saudari yang tengah mencari rizki di singapura juga sudah menyumbang dana sebesar Rp339.900,- dan ada beberapa saudari dan saudara yang tengah mencari uang di Jakarta dan Batam sudah ACC untuk membantu.
        Dana-dana yang sudah diterima kami gunakan untuk pembelian sarana-prasarana, yang pertama itu adalah rak buku. Lalu buku-buku yang sudah kami terima akan kami maksimalkan dan kelola sebaik-baiknya. Dana yang diterima ini kelak tidak hanya dibelikan sarana prasarana, melainkan juga usaha yang akan dikelola semaksimal mungkin oleh CML. Sehingga kedepannya untuk beaya oprasional dan pembayaran karyawan bisa menggunakan keuntungan dari usaha yang dikelola oleh CML. Karena kedepannya CML juga akan membeli tanah serta membangun perpus sendiri tanpa mendompleng tempat lainnya. Mimpi dari CML ini adalah menjadi perpus terbesar sedunia, dan menjadi perpus yang bermanfaat bagi semuanya. Umat islam, orang jawa, bangsa Indonesia serta seluruh manusia pada umumnya.
        CML kali ini sedang menggalakan program “tampung 1000 buku”, jika berminat sedekah dana atau menghibahkan bukunya bisa hubungi saya di acount fb/ twitter @tyasharyadi atau cp saya 085235455717 . di blog www.tyasharyadi.blogspot.com matur nuwun... salam Visit Magetan. ^_^

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014 CM Travel