Saturday, 30 July 2011

Ketela Umbi, Komoditi pangan Magetan.

Umbi-umbian Produk Magetan
Kunjungi Magetan, Ketela Ubi adalah salah satu Komoditi pertanian di Magetan, karena daerahnya juga memang cocok untuk ditanami sejenis ubi-ubian. Ubi adalah makanan utama di Indonesia, tentunya setelah padi (beras ataupun nasi). Ubi juga memiliki khasiat yang banyak, apalagi dengan image bahwa ubi masih menjadi makanan orang desa dan ketinggalan zaman. Ubi mengandung pati, sukrosa, dan selulosa. Ubi juga mengandung karbohidrat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.
        Mahalnya komoditas beras akhir-akhir ini sangat dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia, walaupun pembangunan ketahanan pangan telah dirintis sejak lama. Semakin meningkatnya harga semua kebutuhan pokok (tidak hanya beras) menyebabkan kita harus berpikir untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada. Bukan saatnya lagi untuk mencari siapa yang salah dan siap yang perlu bertanggungjawab dalam hal ini, tapi akan lebih bermanfaat jika kita secara bersama-sama mencari solusi yang terbaik untuk keluar dari masalah tersebut.
        Salah satu komoditi pangan yang terhitung sangat besar di Indonesia adalah umbi-umbian. Selain jumlah produksinya yang banyak, jenis umbi-umbian mempunyai kandungan gizi yang cukup baik untuk menggantikan beras sebagai bahan makanan pokok. Ubi kaya akan kandungan prebiotik, serat dan antioksidan. Salah satu jenis umbi-umbian yang paling terkenal adalah ubi jalar.
        Disinilah kita bisa menikmati ubi dari kebunnya, mulai dari proses memilih bibitnya, menggemburkan tanah, menanam, merawat, sampai nanti panen. Dan di kabupaten Magetan terdapat banyak sekali petani ubi, biasanya ubi dijual untuk bahan baku pembuatan getuk. Selain itu ubi juga digunakan sebagai pakan ternak, karena harga dedak juga mengalami harga yang tinggi. Ubi juga dapat ditemui hampir diseluruh sudut kabupaten ini, sehingga tidak salah jika magetan memiliki komoditi pangan salah satunya adalah ubi.
        Jangan ragu untuk berkunjung ke Magetan dan menikmati berbagai jenis ubi, yang biasanya juga dijual di pasar tradisional dalam keadaan matang. Baik ubi merah, ubi pohon, maupun ubi jalar. Demikian sekilas tentang ketela umbi, salam 
Visit to Magetan, Kunjungi Magetan, CM Travel … ^_^

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014 CM Travel