Sunday, 19 June 2011

Situs Bersejarah Candi Simbatan, Magetan.

Gambar 1.0 Situs Pertirtaan Dewi Sri
Kunjungi Magetan, Candi simbatan adalah salah satu peninggalan sejarah yang ada di daerah Magetan. Candi ini berada di Desa Simbatan +/- 17 Km arah timur dari kota Magetan, tepatnya di kecamatan nguntoronadi. Di candi ini menjadi icon dan kebanggaan warga sekitar, bahkan serig digunakan untuk mengadakan acara adat-istiadat atau tampat wisata para penduduk lokal maupun kabupaten-kabupaten sekitar. Di candi ini juga ada arca Dewi Sri, yag berada di dalam genangan air. Ketika diadakan acara maka air ini akan dibuang keluar untuk dapat melihat Arca Dewi Sri.
        Sejak tahun 1813 Arca Dewi Sri setiap hari Jum'at Pahing bulan Muharram dilaksanakan Bersih Desa secara rutin tiap tahun oleh warga setempat pada siang hari. Sejak tahun 1933 sampai tahun 1942, pada Arca Dewi Sri tepat pada dada kiri dan kanan keluar air sumber yang bersih, sebagian besar oleh warga Tulungagung dan Kediri air tersebut diambil dan dimanfaatkan untuk pengobatan segala macam penyakit. Ini juga memjadi kepercayaan warga sekitar, dan menjadi salah satu daya tarik tempat ini.
        Masuk ke area ini kita akan disuguhi pemandangan alami dan dihiasi dengan kolam-kolam air. Seperti dunia rawa, tetapi keasriannya menjadi alternative untuk kita mencari inspirasi. Masukpun masih belum ada karcis masuknya, tempat parkirpun belum tertata secara baik. Sehingga ini memudahkan pengunjung memasukkan kendaraan kedalam area wisata ini. Jadi alternative tempat wisata yang murah tapi bermanfaat tinggi, candi beiji ini menjadi alternatifnya. Salam
Visit to Magetan, Kunjungi Magetan, CM Travel ^_^

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014 CM Travel