Saturday, 25 June 2011

Perkebunan Jeruk kabupaten Magetan.

Kunjungi Magetan, Seperti daerah kabupaten di jawa pada umumnya yang memiliki hasil perkebunan dan pertanian yang cukup mungkuni. Kabupaten Magetan juga punya jeruk pamelo sebagai salah satu andalan hasil perkebunannya. Jeruk pamelo sudah dikenal di luar propinsi Jawa Timur. Jeruk Magetan tidak hanya jeruk Pamelo tetapi juga ada jeruk Srinyonya atau biasa disebut dengan jeruk nyonya. Kedua jenis jeruk ini panen pada bulan april sampai juni setiap tahunnya, sehingga musim panen ini akan menjadi keuntungan untuk para penanam jeruk.
        Sentra tanaman jeruk terdapat di kecamatan Sukomoro dan Kecamatan Bendo arah timur dari kota Magetan. Kedua kecamatan ini memiliki tanah yang cocok untuk ditanami jeruk (lebih mirip tanah ladang). Selain daerah ini penuh dengan jeruk, juga menjadi salah satu komoditi tanaman tebu sesuai dengan tanahnya yang lebih sulit dialiri air daripada daerah yang lain. Tetapi justru ini yang membuat daerah ini menarik, keseragaman tanaman serta usaha penghijauan tetap berlangsung.
        Selain jeruk pamelo banyak jenis jeruk lain yang ditanam dan berbuah didaerah ini, seperti jeruk sangkis, jeruk keprok, jeruk bali, dan lain sebagainya. Biasanya buah-buah jeruk ini dikirim keberbagai daerah di Indonesia, tetapi juga tidak jarang di pasarkan ke minimarket atau supermarket sekitar Magetan. Tetapi sayang belum ada pengolahan untuk menjadi makanan atau minuman jadi dari hasil perkebunan asli kabupaten Magetan ini.
        Jika anda berkunjung ke magetan maka akan mendapatkan tawaran belajar memelihara (mulai menanam dampai memanen) jeruk pamelo dan jeruk-jeruk lainnya ini dari para pemilik kebun. Selain itu anda juga bisa menikmati buah langsung dari pohonnya (asal sesuai dengan musim). Jadi jangan ragu untuk menikmati hasil perkebunan kabupaten Magetan, semoga bermanfaat. Salam
Visit to Magetan, Kunjungi Magetan, CM Travel^_^

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014 CM Travel