Friday, 8 April 2011

Labuh Sesaji, Wisata Budaya di Sarangan Magetan.

Kunjungi Magetan, Kabupaten Magetan juga kaya akan wisata budaya, jika anda berkunjung ke kota ini sempatkan pula berkunjung di bula muharram atau biasa dikenal dengan suro. Ada juga ketika musim liburan sekolah, karena biasanya dimanfaatkan Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Olahraga (Disparbudpora) Magetan untuk menggenjot kunjungan wisatawan salah satu wisata andalannya yaitu Telaga Sarangan. Selama satu minggu,beragam acara menarik digelar di objek wisata ikon Magetan ini. Bahkan special dijadikan hari visit to Magetan.
        Puncaknya, di Sarangan akan digelar labuh sesaji atau bersih desa pada hari puncak tersebut. Biasanya acara labuh sesaji juga diadakan pada bulan Muharram atau yang sering dibahas orang dengan nama assuro. Kegiatan rutin tahunan ini bertujuan untuk mampu menyedot jumlah wisatawan lokal, baik dari eks-Karesidenan Madiun, maupun dari wilayah Jawa Tengah. Karena berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, setiap labuh sesaji pasti ramai. Bahkan, cenderung membeludak pengunjungnya. Larung sesaji adalah sebuah ritual yang dilakukan sebagai tanda syukur kepada tuhan yang maha esa atas rejeki dan segala anugrahNya. Dengan menggunakan pakaian adat kejawen, maka disiapkanlah sesaji, mulai dari makanan khas, hasil bumi, dan makanan khusus seperti panggang, tumpeng, apem, putu, dan lain sebagainya.
        Labuh sesaji ini dimulai dengan pengumpulan semua sesaji, lalu diarak oleh warga sekitar menuju Telaga Sarangan. Berputar mengelilingi telaga, lalu setelah penuh satu putaran barulah sesaji ini di labuhkan ke telaga. Sesuatu tradisi leluhur yang sangat menarik untuk dilihat dan diabadikan tentunya. Jadi kalau anda berkunjung ke kabupaten magetan jangan lupa berkunjung di waktu-waktu pelarungan. Sambil menyelam minum susu, sambil liburan menikmati indahnya magetan dan wisata budaya juga. Salam 
Visit to Magetan, Kunjungi Magetan, CM Travel ^_^

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014 CM Travel