Saturday, 9 April 2011

Batik Sidomukti, Batik Khas Kota Magetan.

Kunjungi Magetan, Batik Sidomikti merupakan batik khas Kota Magetan, bukan hanya tempat wisata serata karajinan kulit saja yang menjadi daya tarik kota Magetan tetapi masih ada potensi kerajinan lain. Selain mempunyai potensi wisata yang bisa di handalkan seperti Telaga Sarangan ternyata juga mempunyai Batik Asli Khas Magetan. Orang menyebutnya Batik Sidomukti / Batik Pring, karena memang motif dari batik yang satu ini adalah bambu (pring : dalam bahasa jawa). Pengrajin Batik Sidomukti ini bertempat di Dusun Papringan, Desa Sidomukti, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Sebuah perkampungan di bawah lereng gunung lawu. 
       Kita akan melewati jalan setapak yang lumayan sudah di aspal, disepanjang jalan itu terdapat banyak peternakan ayam di sebelah kiri dan kanan jalan. Kurang lebih 2 Kilometer terdapat pertigaan kecil, dan disebelah kiri jalan nanti ada papan yang bertuliskan ” SENTRA BATIK ” kemudian belok ke kanan, kira-kira 30 meter dari situ kita akan masuk ke perkampungan sidomukti. Dipintu masuk perkampungan ini terdapat juga patung seorang ibu yang sedang membatik.Di perkampungan tersebut terdapat satu kelompok pengrajin batik yang bernama ” MUKTI RAHAYU “. Disamping rumah tersebut terlihat ibu-ibu yang sedang membatik. Mereka banyak mendapatkan pesanan dari sekolah, instansi ataupun dari daerah dari luar magetan. Jadi siapa bilang batik hanya ada di daerah jawa tengah maupun sebagian jawa timur saja, buktinya masih ada batik pring, atau batik bambu di Kota Magetan ini membuktikan beragamnya budaya indonesiadan indahnya kabupaten Magetan.
        Perlu diketahui juga bahwa batik sidomukti ini juga sebagai seragam para PNS di lingkungan Kabupaten Magetan.Sebagai warga magetan sudah sepatutnya orang-orang magetan mencintai dan memakai produk sendiri, seperti batik sidomukti ini. Kita juga patut berbangga magetan mempunyai batik sidomukti ini. Semoga batik sidomukti ini mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah daerah.Untuk para wisatawan ataupun para pedagang dari kota-kota lain, kami tawarkan kepada anda informasi ini agar semakin banyak referensi anda tentang dunia batik di negeri ini. Dan semoga kedepannya batik Indonesia bisa semakin merajai dunia, serta batik sidomukti Magetan juga mengambil peran yang segnifikan. salam 
Visit to Magetan, Kunjungi Magetan, CM Travel ^_^

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014 CM Travel