Thursday, 1 January 2015

Indahnya Telaga Sarangan, Magetan

Gambar 1.0 Pemandangan Telaga Sarangan, Januari 2015
Kunjungi Magetan, membahas tentang Wisata di Magetan, tentu banyak orang langsung berpikir Telaga Sarangan. Telaga Sarangan memang sudah terkenal di tingkat Nasional, maupun Internasional sebagai ikon dari Kabupaten Magetan. Tentu andapun sedikit banyak sudah mengetahui, atau minimal pernah mendengarnya bukan? Kali ini, kami akan mengupas beberapa hal tentang Telaga Sarangan.
       Telaga Sarangan memiliki nama lain Telaga Pasir, seperti tertulis di dinding batu sebelah timur Telaga. Telaga Sarangan adalah sebuah telaga alami yang terletak di kaki Gunung Lawu, di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, kurang lebih 16km arah barat dari kota Magetan. Telaga ini memiliki luas kurang lebih 30 hektar dengan kedalaman mencapai 28 meter. Suhu normal udara di Telaga Sarangan antara 18 sampai 25 derajat Celsius.
       Telaga Sarangan seperti kita ketahui, adalah obyek wisata andalan masyarakat dan pemerintah Kabupaten Magetan. Ratusan ribu wisatawan datang kesini, ada yang berwisata, rapat, pelatihan, dan masih banyak lagi. Di sekeliling telaga ini terdapat banyak hotel, dua hotel berbintang, 43 hotel kelas melati, dan 18 pondok wisata. Dan sekarang mulai banyak bermunculan penginapan-penginapan baru yang disediakan oleh warga sekitar. 

       Di telaga Sarangan juga terdapan banyak kios cendera mata, warung-warung lesehan yang menyediakan sate ayam, sate kelinci, wedang ronde, dan aneka kuliner lainnya. Pengunjung juga bisa berkeliling telaga dengan berjalan kaki, mengendarai sepeda motor, atau berkuda, dengan tarif yang murah. Bisa juga masuk telaga, menikmati percikan air dan sensasi naik 'speedboat' (perahu cepat), yang bisa berhenti ditengah untuk foto bersama. Atau ingin berkeliling dengan berolah raga, naik sepeda air yang juga banyak disewakan. Masih ada banyak akomodasi lain di telaga Sarangan, seperti rumah makan, tempat bermain, pasar wisata, tempat ibadah, tempat parkir, taman, dan masih banyak lagi.
       Lalu oleh-olehnya bagaimana? Tenang, untuk oleh-oleh sudah banyak terjajakan di sekitar telaga. Seperti anyaman bambu, ini akan sangat jarang anda jumpai ditempat lain. Kerajinan kulit, mulai dari sendal sepatu kulit, jaket, tas, sampai gantungan kunci dan gelang. Produk makanan khas Magetan, seperti emping melinjo, lempeng (kerupuk dari nasi), dan jerangking (krupuk bakar dari ketan). Juga tentunya ada banyak buah-buahan asli pegunungan, seperti strowberry yang merupakan andalan penduduk sekitar Sarangan.
Gambar 1.1 Pengunjung Berfoto di Depan Monumen
        Jika anda ingin berkunjung ke telaga Sarangan, untuk menikmati event tertentu, anda perlu mencatat beberapa waktu ini. Pada kalender jawa, hari Jumat Pon, bulan Ruwah, akan ada labuh sesaji, sebagai wujud syukur atas limpahan rejeki yang diberikan Tuhan. Pada 1 Muharram (kalender Hijriyah), akan ada acara Ledug Sura, yaitu peringatan pergantian tahun Hijriyah (tahun Islam). Juga ada pesta kembang api di malam pergantian tahun baru masehi. Jadi jika anda suka keramaian dan acara-acara massal, anda perlu datang di waktu-waktu tersebut.
       Sekarang juga sudah ada beberapa tempat untuk menunjukkan bahwa anda pernah kesarangan, salah satunya adalah tulisan besar Telaga Sarangan. Dibentuk mirip tulisan Hollywood, sehingga menarik untuk berfoto dengan background tulisan ini. Atau ingin berfoto dengan monumen yang bertuliskan "Magetan, Sarangan, Lake to Remember". Jadi, silakan berkunjung ke telaga Sarangan Magetan, dijamin akan menjadi kenangan indah bagi anda. 
Jika anda berasal dari luar kota Magetan, ingin berkunjung/berwisata ke Magetan, dengan keluarga, orang yang dicintai, atau teman-teman traveler anda, anda bisa menghubungi kami. Kami siap mengantarkan anda, menjadi guide, mencarikan tempat penginapan, komplit transportasi, tempat makan dan destinasi istimewa lain. Hubungi kami di FB : Kunjungi Magetan | HP : 085235455717 (Tyas Haryadi). Visit to Magetan, Kunjungi Magetan, CM Travel ^_^

1 comment:

  1. tau berapa biaya parkir untuk bus pariwisata ndak ya?

    ReplyDelete

Copyright © 2014 CM Travel